Saturday, February 26, 2005

mobil daihatsu granmax minibus

mobil daihatsu granmax minibus

Kendaraan-kendaraan tua dimana perlengkapannya dengan sebuah mekanik free wheel ditempatkan di belakang transmisi. Prinsip kerjanya : Apabila sumbu utama dari transmisi mempunyai kecepatan lebih tinggi daripada poros penghubung propeller shaft, maka mekanik free wheel berfungsi sebagai sebuah bubungan yang kaku (rigid) diantara poros. Jika poros propeller kecepatannya lebih besar daripada sumbu utama dari transmisi seperti apabila kaki mengangkat pedal throttle dan mesin kecepatannya menurun, maka hubungan akan putus oleh gerakan dari pada mekanik free wheel. daihatsu granmax minibus Kegunaan dari alat untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan membuat pergantian gigi menjadi lebih mudah. Selanjutnya mesin tidak dapat digunakan sebagai rem seperti juga propeller shaft tidak dapat memutarkan sumbu utama transmisi di mobil box.
Poros dihubungan dengan free wheel dengan splin (alur-alur), free wheel hub dihubungkan secara mekanik diterima roller. Roller membias dan memegas selalu menekan roller ke atas kembali pada dudukan roller yang melengkung. Bila free wheel hub cenderung bergerak lebih cepat free wheel cosing, roller bergerak keluar pada dudukan yang berbentuk roller dalam hub dan mengunci hub serta kotaknya bersama-sama sumbu digerakkan berputar. Jika kotak cenderung berputar lebih cepat hub roller dibebaskan dan membawanya kembali ke tempat duduknya hub. Kotak dengan sumbu adalah bebas berputar lebih cepat dari sumbu. Free wheel dapat mengunci dengan sebuah alat pengunci diantara alur poros dan gigi,gigi dalam free wheel hub. Rumah atau box transmisi ada yang dibuat dari besi tuang (cast iron) dan ada juga yang terbuat dari bahan campuran aluminium. Gigi giginya umumnya dibuat dari besi. Demikian juga bantalannya dan washernya terbuat dari bahan kuningan, pelumasnya SAE 90.
Apabila mesin dan transmisi ditempatkan pada ujung depan kendaraan dan memutarkan roda belakang, maka gaya dipindahkan dari transmisi ke roda belakang melalui propeller shaft (poros belakang), sistem ini disebut "Long Transmission " atatJ " Conventional Transmission ". Ada dua jenis pemindahan yang lama, Pemutaran " Hotchkiss" dengan poros belakang terbuka, daihatsu granmax minibus seri tertinggi. gaya reaksi yang dihasilkan dalam sumbu belakang selama percepatan dan perlambatan diambil oleh pegas belakang, gaya bidang yang dipindahkan dari roda penggerak pada chassis melalui pegas-pegas belakang pada granmax mb. Torque Tube Drive, tipe ini propeller shaft tertutup (terbungkus) di dalamtabunggaya, fungsinya memikul berat kendaraan, tenaga yang menggerakkan roda dipindahkan ke bodi melalui pipa momen (torque tube).


Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home