Wednesday, January 5, 2005

PRINSIP KERJA TRANSMISI DAIHATSU GRANMAX PICKUP

PRINSIP KERJA TRANSMISI DAIHATSU GRANMAX PICKUP

Prinsip kerja dari transmisi adalah untuk memindahkan gaya dan putaran mesin pada gerakan roda-roda. Yang dinamakan transmisi adalah semua komponen yang memberikan sesuatu kerja dan usaha pada kendaraan. Mobil daihatsu granmax pickup Dalam pemindahan tenaga sebagian dari poros dan roda menerima suatu gaya tertentu. Jika Anda mengetahui radius dari roda itu mungkin dapat dihitung tenaga putaran roda di atas jalan. Tenaga penggerak yang bekerja digunakan pada kendaraan melalui tahanan atau hambatan. Tenaga penggerak ini menyebabkan kendaraan bergerak, bisa dilihat pada kendaraan daihatsu sigra.
Pengaturan komponen utama : Posisi mesin, roda-roda penggerak dan transmisi direncanakan tergantung pada letak posisi mesin dan roda yang digerakkan :
 1. Posisi mesin di depan kendaraan dan penggerakan rodanya di belakang
2. Posisi mesin di depan kendaraan dan penggerakan rodanyajuga di depan, ini disebut/ront wheel drive.
3. Posisi mesin di belakang ujung kendaraan dan penggerakannya roda juga di belakang, ini dikatakan rear end drive.
Bila mesin ditempatkan di depan dari penggerakan roda-roda sedikit ditengah-tengah dari kendaraan maka model ini disebut rn id dive, biasanya digunakan pada kendaraan sport. tidak dengan kendaraan daihatsu granmax pickup yang khusus untuk mengangkut barang.
Disini diperlukan tenaga putar yang besar secara berganti-ganti, kadang-kadang tenaga penggerak sangat tinggi dan kecepatan putaran rendah. Seperti kendaraan untuk mendaki bukit dengan kecepatan rendah dan tenaga penggerak yang mempunyai kekuatan besar untuk mendaki bukit. Sebelum putaran cepat untuk menggerakkan roda-roda ia akan lambat sebab kendaraannya adalah dalam kecepatan rendah.
Dalam kondisi yang lain sebagai contoh :
1. Tenaga gerak yang tinggi pada kecepatan rendah
2. Tenaga penggerak yang rendah pada kecepatan tinggi 3. Kerugian gesekan, beberapa gaya dipakai untuk melawan gesekan dari pada komponen di dalam transmisi. . Jenis tahanan :
a) Tahanan putar (rolling resistance) 18 Vo dari tenaga mesin untuk mengatasi tahanan gesekan terhadap permukaan jalan di antara rodp-roda dengan permukaan jalan.
b) Thhanan udara (Air resistance) Udara disekeliling kendaraan mempunyai tahanan terhadap gerakan dari kendaraan, kendaraan harus mempunyai tenaga untuk menembus tahanan itu dan kerugian tahanan udara ini hingga 46 7o dari tenaga mesin.
JENIS JENIS KENDARAAN
Jenis kendaraan dapat terbagi menjadi :
a) Kendaraansedan/pribadi
b) Kendaraan bus
c) Kendaraan muatan
d) Kendaraan traktor

Jika dibandingkan kendaraan pribadi seperti daihatsu granmax dengan traktor. akan dilihat perbedaan perbedaan yang besar, dalam satu kotak/peti transmisi adalah suatu percepatan yang amat penting, dimana transmisi adalah alat penggerak yang penting. Tetapi transmisi pada kendaraan merupakan hal yang biasa, pemindah tenaga dari mesin ke roda-roda ia disebut penggerak pada kendaraan daihatsu granmax pickup yang biasa kita lihat.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home