PRINSIP KERJA TRANSMISI DAIHATSU GRANMAX PICKUP
PRINSIP KERJA TRANSMISI DAIHATSU GRANMAX PICKUP
Prinsip kerja dari transmisi adalah untuk memindahkan gaya
dan putaran mesin pada gerakan roda-roda. Yang dinamakan transmisi adalah semua
komponen yang memberikan sesuatu kerja dan usaha pada kendaraan. Mobil daihatsu granmax pickup Dalam
pemindahan tenaga sebagian dari poros dan roda menerima suatu gaya tertentu.
Jika Anda mengetahui radius dari roda itu mungkin dapat dihitung tenaga putaran
roda di atas jalan. Tenaga penggerak yang bekerja digunakan pada kendaraan
melalui tahanan atau hambatan. Tenaga penggerak ini menyebabkan kendaraan
bergerak, bisa dilihat pada kendaraan daihatsu sigra.
Pengaturan komponen utama : Posisi mesin, roda-roda
penggerak dan transmisi direncanakan tergantung pada letak posisi mesin dan
roda yang digerakkan :
1. Posisi mesin di
depan kendaraan dan penggerakan rodanya di belakang
2. Posisi mesin di depan kendaraan dan penggerakan
rodanyajuga di depan, ini disebut/ront wheel drive.
3. Posisi mesin di belakang ujung kendaraan dan
penggerakannya roda juga di belakang, ini dikatakan rear end drive.
Bila mesin ditempatkan di depan dari penggerakan roda-roda
sedikit ditengah-tengah dari kendaraan maka model ini disebut rn id dive,
biasanya digunakan pada kendaraan sport. tidak dengan kendaraan daihatsu granmax pickup yang khusus untuk mengangkut barang.
Disini diperlukan tenaga putar yang besar secara
berganti-ganti, kadang-kadang tenaga penggerak sangat tinggi dan kecepatan
putaran rendah. Seperti kendaraan untuk mendaki bukit dengan kecepatan rendah
dan tenaga penggerak yang mempunyai kekuatan besar untuk mendaki bukit. Sebelum
putaran cepat untuk menggerakkan roda-roda ia akan lambat sebab kendaraannya
adalah dalam kecepatan rendah.
Dalam kondisi yang lain sebagai contoh :
1. Tenaga gerak yang tinggi pada kecepatan rendah
2. Tenaga penggerak yang rendah pada kecepatan tinggi 3.
Kerugian gesekan, beberapa gaya dipakai untuk melawan gesekan dari pada
komponen di dalam transmisi. . Jenis tahanan :
a) Tahanan putar (rolling resistance) 18 Vo dari tenaga mesin
untuk mengatasi tahanan gesekan terhadap permukaan jalan di antara rodp-roda
dengan permukaan jalan.
b) Thhanan udara (Air resistance) Udara disekeliling
kendaraan mempunyai tahanan terhadap gerakan dari kendaraan, kendaraan harus
mempunyai tenaga untuk menembus tahanan itu dan kerugian tahanan udara ini
hingga 46 7o dari tenaga mesin.
JENIS JENIS KENDARAAN
Jenis kendaraan dapat terbagi menjadi :
a) Kendaraansedan/pribadi
b) Kendaraan bus
c) Kendaraan muatan
d) Kendaraan traktor
Jika dibandingkan kendaraan pribadi seperti daihatsu granmax dengan traktor. akan
dilihat perbedaan perbedaan yang besar, dalam satu kotak/peti transmisi adalah
suatu percepatan yang amat penting, dimana transmisi adalah alat penggerak yang
penting. Tetapi transmisi pada kendaraan merupakan hal yang biasa, pemindah
tenaga dari mesin ke roda-roda ia disebut penggerak pada kendaraan daihatsu granmax pickup yang biasa kita lihat.
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home