daihatsu granmax pickup
DAIHATSU GRANMAX PICKUP
Oli mengalir di dalam suatu bundaran jalan kecil diantara
impeller dan turbin, rel penghantar dalam bagian kopling adalah untuk mencegah
keributan dalam arus oli di mesin granmax. Hasil guna dari kopling (putaran diantara gaya input
dan output) adalah selalu dihasilkan rendah bila perbedaan diantara bagian
kopling kecepatanya besar dan kopling dalam keadaan tergelincir. Daya gunanya
(efisiensi) b'ertambah besar, bila perbedaan kecepatannya kecil sebagai contoh
seperti kecepatan kendaraan yang diperbesar, kopling bisa juga'dipakai untuk
rem mesin dimana arus oli diarahkan mundur. Bagian kopling yang terdapat pada
poros engkol bergerak sebagai turbin dan bagian yang lain sebagai pompa yang terdapat pada daihatsu granmax pickup.
Kopling hidrolik digunakan dalam hubungannya dengan transmisi otomatik.
3. kopling diafragma
Kopling diafragma juga termasuk kopling tunggal kering.
Kopling ini tidak mempunyai komponen seperti kopling tipe pegas spiral, dimana
mempunyai mekanikpemindah seperti tuas pembebas, pen pemutar, baut mata dan
sebagainya tetapi cukup dengan pegas diafragma' Jadi, pegas diafragma dapat
menggerakkan pelat penekaq untuk menghubungkan dan rnemutuskan kopling dengan
mesinnya. Ditinjau dari konstruksinya tipe ini sangat sederhana dan tekanannya
lebih merata dan kuat, meskipun kopling sudah tipis (aus), hanya karena pegas
diafragmanya dipasang sedemikian rupa terhadap covernya maka dalampenggantian
komponen dilakukan sekaligus.
4. kopling ganda
Kopling ganda mempunyai dua buah pelat kopling dan empat
bidang gesek yang dapat memungkinkan tenaganya menjadi lebih kuat (besar).
Diantara dua pelat kopling terdapat pelat penekan intermediate. Model kopling
ganda ini adalah untuk kendaraan yang berkapasitas volume "cc"
(centimeter cubic) tinggi, kendaraan sport dan kendaraan berat tidak termasuk daihatsu granmax pickup.
B. pelat kopling
Kegunaan pelat kopling adalah untuk memindahkan daya dari
mesin kepada transmisi. Konstruksi dan cara bekerjanya bila pedal kopling tidak
ditekan maka kopling dalam keadaan menghubung. Bila pedal kopling ditekan maka
kopling memutus dengan mesin. Pada kopling ini terdapat "buffer
pegas" yang berfungsi untuk mencegah pada hubungan yang tiba{iba supaya
poros input (input shaft) tidak patah, demikian pula pada sekeliling dari
kopling dilapisi oleh suatu lapisan yang disebut "Cluth Plate Facing"
yang tujuannya sebagai bahan penghubung yang baik dimana unit kopling harus
sangat kecil. Lapisan kopling itu dihubungkan dengan cara memaku (riveting)
dengan paku keling dan memakunya ini harus baik dan terbenam dari permukaan
pelat.
C. Bantalan Pemindahan
Gunanya untuk menggerakkan tuas pemindah kopling selama
kopling memutus daihatsu granmax pickup. Ada dua tipe yang biasa digunakan untuk bantalan pelepas
kopling, yakni :
a) Axial ball bearing, di atas sebuah rumah bantalan.
b)
Piringan Graphite, di puncak di dalam suatu kotak (rumah), dengan ini
direncanakan untuk tuas pembebas kopling selalu mempunyai cincin pengganjal
yang sesuai. kredit daihatsu granmax pickup.
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home