Friday, January 14, 2005

KOPLING DAIHATSU GRANMAX PICKUP

Kopling mekanik daihatsu granmax pickup yang biasa dan terbanyak digunakan adalah kopling pelat tunggal kering, prinsipnya adalah sebagaimana gambar berikut ini :
a. Bila pedal kopling dalam headaan bebas maka pelat kopling akan merapat atau terhubung diantara roda penerus dan pelat penekan. Sedangkan pegas penekan kopling memberikan tekanan dimana hal ini sangat diperlukan untuk mencegah kopling tidak tergelincir (slip), tenaga mesin dipindahkan dari poros engkol terus ke roda penerus dan pelat kopling langsung ke "input shaft" dari "gear box".
b.  Bila pedal kopling ditekan maka pelat penekan cenderung untuk menjauh karena jari-jari penekan yang menggerakkan oleh tekanan dari bantalan pelepas kopling sehingga dengan cara ini pelat kopling terangkat bebas, pelat kopling itu dapat berputar bebas diantara pelat. pada prinsip kerja transmisi daihatsu granmax penekan dengan roda penerus, dengan demikian hubungan antara poros engkol dengan input shaftjadi purus.
Tenaga mesin dapat sangat berhasil baik bila mulai menjalankan kendaraan dengan menslipkan kopling, komponen dari roda penerus dan kopling adalah direncanakan untuk melawan panas yang ditimbulkan oleh adanya hubungan kopling karena tergelincir (slip). Sekitar mendekati 50 7o pengglnaan energi mekanik digunakan untuk memindahkan ke sejumlah energi panas pada setiap waktr"r/saat. Roda penerus, pelat kopling dan pelat penekan adalah merupakan bagian bagian yang sangat utama.
Ada dua faktor yang menentukan dalam memindahkan tenaga pada sistem maknit pada daihatsu granmax pickup, yakni ;
1. Tenaga gesek di antara pelat kopling, roda penerus dan pelatpenekan, tenaga kopling itu tergantung kepada permukaan dan derajad tekanan pegas yang menekan pelat bersama.
2. Jari-jariritu adalah dari titik pusat ke titik rengah sebelah luar dari sisi piringan, diduga tenaga gesek adalah 2000 N dan radiusnya 120 mm maka kopling itu dapat memindahkan renaga sebesar 20qJ N. 0,12 m=240NM.
Kopling hidrolik
Bentuk dan bagian-bagian dari pesawat kopling ini sama dengan pesawat kopling kering tunggal, pesawat kopling ini berputar di dalam bak yang berisi minyak. Perbedaannya hanya pada lapisan-lapisannya. Pada pesawat kopling yang kering lapisannya terbuat dari ferodo sedang kopling basah terbuat dari gabus. Gabus itu diletakkan pada pelat baja, sifat dari gabus tidak menjadi licin dalam minyak, pegas-pegas yang dilengkapi untuk menekan cincin penekan harus mempunyai tekanan yang lebih besar dari pegas yang terdapat pada pesawat kopling yang kering. Kerjanya lebih lembut dan baik serta tidak mudah aus. Kopling model ini hanya pada kendaraan tertentu karena sulit perawatannya.

Dalam kopling hidrolik tenaga penggeraknya terdiri dari oli dimana tenaganya ditimbulkan oleh gaya sentrifugal, kopling dapat memberikan suatu gerakan yang lembut dan tenaga penggerakan tidak mengejut dan tidak pula memerlukan pedal. Kopling terdiri dari dua buah tabung dimana bagian-bagiannya mempunyai kipas-kipas atau rusuk-rusuk yang mempunyai sudut puncak. Sebagian dari impeller menggerakkan impeller yang lain. Impeller yang satu dihubungkan dengan poros engkol dan yang satu lagi dengan poros transmisi yang terdapat pada mobil dahatsu granmax pickup. Tenaga penggerak diberikan dari pompa penggerak kepada turbine penggerak. Impeller dan turbin adalah tertutup rapat satu dengan yang lainnya tanpa ada mekanik penghubungnya. Mereka dihubungkan dengan tutup atau rumah dan bagian itu didalamnya diisi oleh oli, bila bagian impeller sedang berputar, olinya dialirkan maju yang merupakan gaya sentrifugal dan digerakkan oleh bentuk bola (bowl shape) dan rusuk rusuk diatas bagian turbin. Melalui oli tersebut gerakan dipindahkan dari impeller ke turbin dan langsung menggerakkan peti gigi. promo kredit daihatsu granmax.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home