KOPLING DAIHATSU GRANMAX PICKUP
Kopling mekanik daihatsu granmax pickup yang biasa dan terbanyak digunakan adalah
kopling pelat tunggal kering, prinsipnya adalah sebagaimana gambar berikut ini
:
a. Bila pedal kopling dalam headaan bebas maka pelat kopling
akan merapat atau terhubung diantara roda penerus dan pelat penekan. Sedangkan
pegas penekan kopling memberikan tekanan dimana hal ini sangat diperlukan untuk
mencegah kopling tidak tergelincir (slip), tenaga mesin dipindahkan dari poros
engkol terus ke roda penerus dan pelat kopling langsung ke "input
shaft" dari "gear box".
b. Bila pedal kopling
ditekan maka pelat penekan cenderung untuk menjauh karena jari-jari penekan
yang menggerakkan oleh tekanan dari bantalan pelepas kopling sehingga dengan
cara ini pelat kopling terangkat bebas, pelat kopling itu dapat berputar bebas
diantara pelat. pada prinsip kerja transmisi daihatsu granmax penekan dengan roda penerus, dengan demikian hubungan antara
poros engkol dengan input shaftjadi purus.
Tenaga mesin dapat sangat berhasil baik bila mulai
menjalankan kendaraan dengan menslipkan kopling, komponen dari roda penerus dan
kopling adalah direncanakan untuk melawan panas yang ditimbulkan oleh adanya
hubungan kopling karena tergelincir (slip). Sekitar mendekati 50 7o pengglnaan
energi mekanik digunakan untuk memindahkan ke sejumlah energi panas pada setiap
waktr"r/saat. Roda penerus, pelat kopling dan pelat penekan adalah
merupakan bagian bagian yang sangat utama.
Ada dua faktor yang menentukan dalam memindahkan tenaga pada
sistem maknit pada daihatsu granmax pickup, yakni ;
1. Tenaga gesek di antara pelat kopling, roda penerus dan
pelatpenekan, tenaga kopling itu tergantung kepada permukaan dan derajad
tekanan pegas yang menekan pelat bersama.
2. Jari-jariritu adalah dari titik pusat ke titik rengah
sebelah luar dari sisi piringan, diduga tenaga gesek adalah 2000 N dan
radiusnya 120 mm maka kopling itu dapat memindahkan renaga sebesar 20qJ N. 0,12
m=240NM.
Kopling hidrolik
Bentuk dan bagian-bagian dari pesawat kopling ini sama
dengan pesawat kopling kering tunggal, pesawat kopling ini berputar di dalam
bak yang berisi minyak. Perbedaannya hanya pada lapisan-lapisannya. Pada
pesawat kopling yang kering lapisannya terbuat dari ferodo sedang kopling basah
terbuat dari gabus. Gabus itu diletakkan pada pelat baja, sifat dari gabus
tidak menjadi licin dalam minyak, pegas-pegas yang dilengkapi untuk menekan
cincin penekan harus mempunyai tekanan yang lebih besar dari pegas yang
terdapat pada pesawat kopling yang kering. Kerjanya lebih lembut dan baik serta
tidak mudah aus. Kopling model ini hanya pada kendaraan tertentu karena sulit
perawatannya.
Dalam kopling hidrolik tenaga penggeraknya terdiri dari oli
dimana tenaganya ditimbulkan oleh gaya sentrifugal, kopling dapat memberikan
suatu gerakan yang lembut dan tenaga penggerakan tidak mengejut dan tidak pula
memerlukan pedal. Kopling terdiri dari dua buah tabung dimana bagian-bagiannya
mempunyai kipas-kipas atau rusuk-rusuk yang mempunyai sudut puncak. Sebagian
dari impeller menggerakkan impeller yang lain. Impeller yang satu dihubungkan
dengan poros engkol dan yang satu lagi dengan poros transmisi yang terdapat pada mobil dahatsu granmax pickup. Tenaga penggerak
diberikan dari pompa penggerak kepada turbine penggerak. Impeller dan turbin
adalah tertutup rapat satu dengan yang lainnya tanpa ada mekanik penghubungnya.
Mereka dihubungkan dengan tutup atau rumah dan bagian itu didalamnya diisi oleh
oli, bila bagian impeller sedang berputar, olinya dialirkan maju yang merupakan
gaya sentrifugal dan digerakkan oleh bentuk bola (bowl shape) dan rusuk rusuk
diatas bagian turbin. Melalui oli tersebut gerakan dipindahkan dari impeller ke
turbin dan langsung menggerakkan peti gigi. promo kredit daihatsu granmax.
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home