Friday, November 19, 2004

MOBIL SIGRA

MOBIL SIGRA
pada parkir gedung bertingkat dimana tidak ada awalan untuk menanjak, kadangkala dibutuhkan sampai D2 untuk bisa safe naik.
Jadiā€¦Lihat juga posisi tanjakan, seberapa curam lihat juga apakah ada awalan momentum sebelumnya?
Pada traffic perkotaan yang mayoritas datar seperti Jakarta, gunakan 1 gigi yaitu D saja harusnya sudah cukup. Untuk tanjakan ringan yang gradual masih bisa naik dengan mudah.
Kapan cara mengganti gigi?

Limitasi kecepatan maksimum pindah gigi
Dari D ke gigi yang lainnya, kalau saya lihat manual, limitnya hanya di kecepatan bukan di RPM. Walau karena saya basicnya mobil sigra manual, saya lebih merasa safe kalau mengganti gigi di RPM rendah di speed yang pas.

Switch ke D3 bisa dilakukan dengan maxnya sampai rangenya gigi 3
Switch ke D2 bisa dilakukan dengan maxnya sampai rangenya gigi 2
Switch ke D1 bisa dilakukan dengan maxnya sampai rangenya gigi 1
Tiap mobil sigra ya berbeda-beda. Sebagai gambaran saja, D1 max paling di 0-30 kpj, D2 paling sampai 40-50 kpj? D3 paling sampai 60 kpj, ya kan?

Untuk pindah dari D ke D3, D2 dan D1, tidak perlu atau jangan menekan rem secara penuh. Cukup menekan tombol switch di tongkat persneling saja, kemudian pindahkan. Dalam prakteknya D1 jarang sekali digunakan, sampai mobil sigra full dan jalanan langsung menanjak, masih cukup di D2. Saat ini banyak pengendara mobil sigra dengan transmisi otomatis, mungkin lengah. Yaitu prosedural pemindahan tuas transmisi ke mode P atau Parking jika pengendara sampai di tujuan tertentu. Menurut beberapa pakar safety driving, ternyata hal itu kurang tepat, atau bisa dikatakan salah. Seperti yang dijelaskan oleh Hasnul Arifin, Instruktur Rifat Drive Labs (RDL), bahwa banyak pengemudi yang salah paham cara mengendarai mobil sigra matic. Salah satu kesalahpahaman pengemudi mobil sigra matic adalah cara memindahkan transmisi ke mode parking.

"Saat posisi gigi di drive (D), jangan langsung dimasukan ke posisi P. Biasanya kalau seperti itu, perpindahan transmisi juga akan keras dan tidak nyaman," terang Hasnul Arifin di sela-sela peluncuran RDL di Cibubur. Saat mobil sigra berada pada posisi D, maka antara transmisi dan mesin sedang terhubung. Jika langsung dipindahkan ke mode P, maka transmisi langsung terkunci. Padahal, mobil sigra matic perlu waktu untuk melakukan proses perpindahan tersebut.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home